Minggu, 06 Januari 2008

Kenapa kita bingung....???


Pada hakikinya, kita sebagai manusia diciptakan tuhan sebagai makhluk yang sempurna dan berakal. Kita hendaknya mensyukuri semua karunia tuhan ini dengan memanfaatkannya seoptimal mungkin dalam menjalani hidup kita di dunia ini. Tetapi adakalanya kita sebagai manusia biasa sering melakukan kesalahan yang terkadang membuat kita menjadi kehilangan arah terhadap sasaran yang ingin kita capai alias BINGUNG...!

Mengapa kita bisa selalu bingung….? Saya rasa munculnya ”Bingung” pada pikiran kita ini karena kita terbiasa tidak fokus dalam memutuskan suatu tindakan, tidak punya konsep diri, tak punya standar prioritas, tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, suka terbawa arus tanpa mengerti arah tujuannya, dan yang parah tidak tahu atau lupa terhadap sesuatu yang mesti dikerjakan.

Jujur aja, penulis sebagai manusia biasa juga sering mengalami perasaan bingung seperti ; bingung nyari kerja, bingung milih baju, bingung liburan kemana, bingung menghadapi orang, bingung ngatur agenda harian, bahkan sampai bingung mau nulis apa untuk blog ini. Meskipun penulis sudah berusaha untuk selalu fokus, menentukan prioritas yang ingin dicapai, dan berusaha memahami apa-apa yang mesti dikerjakan, tapi terkadang tetap saja rasa bingung ini muncul yang biasanya akibat konflik kepentingan dalam diri dan juga karena faktor emosional seperti perasaan negatif yang menimbulkan sikap pesimis, ragu-ragu, dan kurang percaya diri.

Lalu bagaimana mengatasinya...? sory yang jelas karena saya bukan pakarnya di bidang ini tentu sulit menjawabnya secara teoritis. Tapi berdasar situasi ”bingung” yang sering saya alami, setidaknya saya bisa sedikit berbagi gagasan untuk mengatasinya yang mungkin bisa menginspirasikan anda.

Pertama, temukan dan kenali nilai-nilai spiritual anda yang menjadi pedoman hidup anda. Ini penting karena jiwa yang kosong mudah sekali terombang-ambing tanpa arah ibarat perahu tanpa layar. Selalulah mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Tuhan Kita agar selalu diberi kekuatan batin dan keteguhan hati.

Kedua, buat urutan prioritas kegiatan anda berdasar tingkat kepentingan dan kebutuhan untuk menghindari konflik di saat yang bersamaan, misalnya penting mana antara menghadiri ulang tahun sahabat ataukah mendatangi hajatan tetangga..?

Ketiga, perluas wawasan dan pengetahuan anda akan segala hal dari berbagai sumber sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan, agar anda selalu merasa yakin bahwa tindakan anda tidaklah keliru dan tidak asal ikut-ikutan

Keempat, tumbuhkan selalu rasa percaya diri dan keberanian mengambil resiko

Karena itu janganlah terbiasa hidup dalam kebingunan, apalagi sampai membuat orang lain bingung karena itu bisa membuat kehidupan kita jadi kacau, mudah putus asa, dan selalu gagal dalam mewujudkan rencana dan sasaran yang ingin dicapai.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk para pembesar yang memerintah negeri saat ini yang selalu terlihat bingung dalam mengambil keputusan, bingung menangani bencana, bingung menghadapi koruptor, bahkan sering membuat masyarakat bingung karena fluktuasi harga sembako yang membingungkan...!!!

Tidak ada komentar: